Cara Mengatur dan Memanjangkan Nafas Saat Adzan

Banyak orang yang ingin memiliki nafas yang panjang dan suara yang merdu, namun sayang kebanyakan hanyalah orang-orang tertentu dan yang giat berlatih untuk bisa mendapatkan nafas yang panjang dan suara yang merdu. Mangkanya saat ini banyak orang yang mencari cara atau trik untuk mendapatkan nafas yang panjang terutama bagi mereka yang suka adzan, qiroah, dan menyanyi. Namun anda tidak perlu bingung untuk mencari trik atau cara agar nafas panjang dan suara yang merdu karena disini saya akan membahas tentang cara mengatur dan memanjangkan nafas saat adzan.


Cara memanjangkan nafas


1. Tahan nafas

Nafas terbagi menjadi dua bagian yaitu bernafas dengan menggunakan perut dan bernafas menggunakan dada. Bernafas dengan perut, saat menarik nafas, maka perut akan mengembung, sedangkan bernafas dengan dada, saat menarik nafas maka yang mengembung adalah dada. Cara yang paling efektif untuk mendapatkan nafas yang panjang adalah dengan menggunakan pernafasan perut, bukan menggunakan pernafasan dada. Cobalah untuk latihan tahan nafas (nafas perut) setiap hari, contohnya seperti hari ini bisa menahan nafas selama 20 detik, dan besoknya cobalah untuk meningkatkan latihan tahan nafas, contohnya bisa lebih lama dari yang kemarin 30 detk.

2. Menjaga pola makan

Selain dengan menahan nafas anda juga harus menjaga pola makan dan minum. Apabila anda ingin memiliki nafas yang panjang sangat tidak dianjurkan untuk memakan makanan yang pedas dan minuman yang dingin, karena hal ini akan menyebabkan suara serak dan nafas menjadi pendek.

3. Sering berolahraga

Dengan berolahraga, akan membuat tubuh menjadi sehat, pernafasanpun akan sangat teratur. Apabila anda malas berolahraga, maka saluran pernafasan anda akan menyempit. Minimalnya anda bisa melakukan olahraga 3 kali dalam seminggu selama 20 menit setiap kalinya.

4. Jeritan batin

Cobalah untuk pergi ke sungai atau kolam, lalu tarik nafas dalam-dalam, kemudian masukan kepala kedalam air sungai atau kolam tersebut dan menjerit sekuat mungkin. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, kemudian cobalah anda adzan dengan tempo yang panjang.

Semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mendapatkan nafas yang panjang saat sedang adzan. Simak terus artikel menarik lainnya di situs hanifmaulana.blogspot.com. Hanya disitus ini anda akan menemukan yang anda cari