Bahaya dan Efek Samping Obat Lutenyl Bagi Kesehatan

Hanif Maulana | Lutenyl merupakan sejenis obat yang memiliki kandungan turunan dari hormone progesteron. Hormone tersebut ini merupakan salah satu hormone yang paling banyak berada pada seorang wanita, dikarenakan hormone progesterone ini yang bisa membantu seorang wanita dalam mematangkan organ reproduksi wanita.

Bahaya dan Efek Samping Obat Lutenyl Bagi Kesehatan

Bahaya dan efek samping


Namun demikian walaupun anda memiliki banyak sekali manfaat untuk pembentukan hormone progesterone dan bisa membantu mengurangi rasa sakit dan rasa nyeri saat sedang haid atau menstruasi, lutenyl ternyata juga memiliki bahaya dan efek samping akibat dari penggunaannya. Namun demikian efek samping yang muncul dari lutenyl terlalu berbahaya. Ada beberapa efek samping dari penggunaan lutenyl pada seorang wanita.

  • Meningkatkan berat badan

Efek samping dari lutenyl adalah bisa mengakibatkan peningkatan berat badan anda. Aktivitas hormone progesterone di dalam tubuh bisa memicu terjadinya nafsu makan bertambah, sehingga hal ini akan menyebabkan berat badan menjadi bertambah.

  • Menyebabkan sulit tidur

Mengonsumsi lutenyl walaupun dengan jumlah yang wajar dan sesuai dengan aturan, juga akan memberikan efek samping seperti sulit tidur. Hal ini disebabkan karena kondisi hormone yang sedang diproduksi, akan membuat tubuh merasa lebih aktif dan akan memberikan efek sulit tidur atau insomnia. Insomnia sendiri disebabkan karena adanya aktivitas hormone di dalam tubuh, sehingga tubuhpun akan sangat sulit untuk rileks dan beristirahat.

  • Bisa menyebabkan gangguan menstruasi

Penggunaan lutenyl yang tidak sesuai dengan aturan, seperti berlebihan atau overdosis dan juga penggunaan lutenyl secara asal-asalan akan menyebabkan terjadinya gangguan menstruasi. Gangguan tersebut bisa muncul akibat penggunaan lutenyl yang tidak sesuai dengan aturan yang akan membuat keseimbangan dari hormone progesterone dalam tubuh menjadi tidak baik, sehingga akan menyebabkan gangguan menstruasi.

  • Menyebabkan pendarahan

Meskipun lutenyl bisa mengentikan pendarahan pada saat menstruasi, dan mengurangi pendarahan pada rahim, ternyata lutenyl juga bisa menyebabkan pendarahan. Hal ini bisa terjadi terutama saat anda sedang tidak dibolehkan mengonsumsi lutenyl, namun tetap saja mengonsumsi lutenyl.

Itulah beberapa bahaya dan efek samping dari obat lutenyl bagi kesehatan tubuh, jadi sebaiknya bagi anda tidak sekali-kali menyalahgunakan obat lutenyl, karena akan berisiko seperti efek samping yang dibahas diatas.