Bahaya dan Efek Samping Sering Pakai Sepatu Hak Tinggi

Hanif Maulana | Sepatu hak tinggi akan memberikan takanan yang berlebihan pada bagian kaki depan dan akan membuat beban tubuh bertumpu hanya pada bagian tertentu saja. Didalam jangka yang panjang, kondisi ini akan sangat berisiko pada perubahan postur tubuh yang berujung munculnya penyakit. Memakai sepatu berhak tinggi akan membuat tubuh harus menyesuaikan postur agar menjaga keseimbangan. Tubuh bagian bawah akan condong kedepan dan akan membuat tubuh bagian atas harus lebih condong ke belakang. Demikian juga saat berjalan otot-otot fleksor pada pinggul akan bekerja lebih keras lagi agar bisa menarik tubuh kedepan. Posisi ini juga akan membuat otot-otot lutut bekerja lebih keras sehingga lutut pun akan lebih tertekan.


Selain itu memakai sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan pemendekan pada otot-otot betis, perataan lengkungan kaki yang bisa menyebabkan masalah postural kronis. Hal tersebut akan mempengaruhi struktur tubuh secara normal. Maka dari itu seorang wanita yang memakai sepatu hak tinggi untuk yang pertama kalinya akan merasakan rasa sakit pada kaki dan kecanggungan saat berjalan, bahkan kaki akan terasa lelah setelah beberapa saat. Berikut dibawah ini adalah bahaya dan efek samping memakai sepatu hak tinggi yang paling umum :.

  • Memicu tubuh melengkung
Pemakaian sepatu hak tinggi terlalu sering akan membuat postur tubuh anda menjadi berubah, sehingga akan terjadi perubahan pada pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar, hal inilah yang bisa menyebabkan tubuh anda terlihat melengkung, selain itu juga akan mempengaruhi cara berjalan saat anda melepaskan sepatunya.

  • Otot tubuh mengecil
Tubuh yang kurang seimbang yang dihasilkan oleh penggunaan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang lama, akan membuat masalah pada otot-otot tubuh anda. Otot-otot akan menjadi kecil bahkan penelitian telah menemukan penggnaan sepatu hak tinggi dalam kegiatan sehari-hari akan memperpendek otot kaki anda. Hal ini disebabkan karena sepatu hak tinggi mendorong anda untuk berjalan jinjit.

  • Berisiko sering keseleo
Bagi anda yang memang sering menggunakan sepatu hak tinggi pada setiap aktivitas, sebaiknya dibatasi baik dari lama atau waktu penggunaan dan juga ketinggiannya. Tidak semua sepatu hak tinggi memberikan kenyamanan untuk kegiatan anda, diantaranya adalah ketidaknyamanan disebabkan karena adanya tumpuan hanya pada ujung kaki, sehingga akan membuat kesulitan untuk bebas bergerak dan apabila dipaksakan beraktivitas secara berlebihan maka akan menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki.

  • Menyebabkan tubuh jinak
Pada dasarnya anda perlu menyesuaikan bentuk dari sepatu hak tinggi dengan kaki anda, sehingga akan memberikan kenyamanan. Selain memberikan kenyamanan ternyata bentuk juga sangat mempengaruhi kesehatan anda. Usahakan anda memilih bentuk sepatu yang tidak menimbulkan penyempitan dan tidak terlalu tinggi. Penggunaan sepatu hak tinggi yang sering dengan ketinggian yang berlebihan, maka akan menyebabkan penebalan jaringan saraf pada jari kaki ketiga dan keempat, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri dan akan berakibat munculnya tumor jinak.