Bahaya dan Efek Samping Penggunaan Softlens

Hanif Maulana | Pada umumnya softlens dulunya hanya digunakan untuk terobosan baru bagi dunia kesehatan, Namun pada jaman sekarang ini softlens bukan hanya digunakan untuk alat bantu penglihatan saja, melainkan sebagai gaya hidup atau lifestyle. Biasanya softlens sering digunakan oleh kaum wanita, karena banyak dari mereka yang menggunakan softlens sebagai gaya, namun terkadang kebanyakan dari mereka tidak mengetahui tentang bahaya dan efek samping penggunaan softlens bagi kesehatan. Jika tanpa ada konsultasi pada dokter ahli, maka kemungkinan besar para konsumen lensa dekoratif tidak memiliki pengetahuan yang cukup bagaimana cara membersihkan dan memasang lensa mata dengan baik dan benar.

bahaya dan efek samping penggunaan softlens

Apabila hal ini terus terjadi maka akan dipastikan para konsumen tersebut sudah berani mengambil risiko terkena infeksi bakteri pada mata, atau kerusakan yang signifikan pada fungsi mata, dan yang lebih parahnya lagi adalah kehilangan penglihatan. Maka dari itu jangan pernah memakai lensa dekoratif tanpa informasi atau pengawalan dari dokter.

Bahaya dan Efek Samping Penggunaan Softlens


  • Iritasi dan mata merah


Hal ini merupakan salah satu bahaya dari penggunaan softlens yang paling sering terjadi, karena disebabkan akibat beberapa hal seperti debu, pemakaian yang salah dan terlalu lama dipakai. Maka dari itu supaya tidak mengalami iritasi sebaiknya jaga softlens agar tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Yang paling pertama dan perlu diingat adalah tangan harus steris saat sedang memakaikan softlens. Pastikan anda juga tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara teratur untuk anda gunakan agar memberikan efek lega saat memakainya.

  • Infeksi kornea


Bahaya dan efek samping infeksi kornea ini dapat terjadi pada anda apabila tidak merawat softlens dengan baik. Dikarenakan bakteri, virus dan jamur akan tumbuh di softlens dan akan membuat alergi pada mata. 

  • Penyakit edema


Mata jika terlalu sering memakai softlens, akan sangat berisiko terkena penyakit edema. Penyakit edema ini merupakan kondisi dimana organ mata kekurangan oksigen dan sangat kelelahan serta berujung pada pandangan menjadi kabur.

  • Penyakit keratitis


Bahaya dan efek samping yang paling berbahaya adalah penyakit keratitis yang terjadi akibat peradangan pada komea mata. Faktor penyebab dari penyakit ini adalah karena terinfeksi virus Adenovirus yang akan ditularkan oleh softlens yang anda pakai. Ciri-ciri orang yang terkena penyakit keratitis yaitu sekitar bola mata berwana merah, mata membengkak, mengeluarkan cairan yang berlebihan dan apabila hal ini tidak segera dikonsultasikan pada dokter maka akan menyebabkan kebutaan.

Itulah beberapa bahaya dan efek samping penggunaan softlens bagi kesehatan yang sangat menakutkan. Jadi bagi anda sebaiknya tidak perlu memakai softlens apabila hanya sekedar untuk gaya hidup saja.