Efek Samping / Bahaya Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Hanif Maulana | Saat sedang merasa haus tentu anda akan membutuhkan air untuk melepaskan dahaga. Apalagi sehabis kita berolahraga biasanya akan kehilangan banyak cairan, sehingga akan sangat membutuhkan air putih. Namun tahukah anda bahwa meminum air sambil berdiri itu sangat dilarang bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Mungkin anda pernah minum dengan posisi sambil berdiri, karena sudah tidak kuat untuk menahan rasa haus. Ternyata tidak hanya dalam agama Islam saja yang melarang minum sambil berdiri, melainkan dalam ilmu kedokteran juga membenarkan tentang bahaya minum sambil berdiri.

Posisi yang paling aman saat sedang minum adalah ketika sedang duduk. Karena saat sedang duduk saraf-saraf tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima asupan air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda-beda. Selain karena alasan kesehatan, posisi duduk saat sedang minum juga sangat berhubungan pada etika kesopanan dan merupakan gaya hidup yang sehat.

Efek Samping dan Bahaya Minum Sambil Berdiri

Efek samping dan bahaya minum sambil berdiri bagi kesehatan


1. Sakit perut

Saat anda sedang minum dengan posisi berdiri, maka tenggorokan akan mengalami penyempitan dan berkerut, hal tersebut bisa mempersulit makanan untuk dicerna oleh jaringan pencarnaan. Kondisi seperti ini akan mengakibatkan rasa sakit pada perut.

2. Keseimbangan tubuh terganggu

Posisi minum sambil berdiri juga bisa menyebabkan jaringan organ saraf pusat akan tertekan dan dipaksa agar terus bekerja keras dalam menstabilkan kondisi tubuh, tanpa kita sadari dalam keadaan yang tegang ini akan mengakibatkan saraf-saraf tubuh dalam konsisi stres. Hal ini akan memicu disfungsi saraf.

3. Perut kembung

Kebiasaan minum dengan posisi berdiri akan menyebabkan air langsung masuk kedalan tubuh tanpa harus melewati dinding usus dan mengalir terlalu cepat. Kondisi ini akan membuat seseorang terserang perut kembung.

4. Luka pada lambung

Saat sedang minum sambil posisi berdiri, kondisi air yang masuk kedalam lambung secara tiba-tiba akan mengalir secara tidak merata dan menyebabkan makanan dalam lambung akan sulit untuk dicerna. Hal tersebut akan melukai dinding lambung dan membuat luka yang memicu mengalami peradangan pada lambung yang nantinya akan meningkatkan kadar asam lambung.

Itulah efek samping dan bahaya minum sambil berdiri bagi kesehatan. Cobalah untuk merubah kebiasaan buruk ini, agar kita tidak terserang dengan berbagai keluhan kesehatan seperti diatas.