Bahaya dan Efek Samping Mencukur / Mencabut Bulu Alis Mata

Hanif Maulana | Seorang wanita terkadang mencukur atau mencabut habis bulu alisnya dan kebiasaan diganti dengan pensil alis atau juga tato. Tapi para penelitian telah menyarankan untuk tidak mencukur habis bulu alis, karena akan ada bahaya dan efek samping yang siap mengintai kesehatan.


Bulu alis termasuk dengan aspek yang penting bagi penampilan seseorang khususnya pada kaum wanita, karena hal ini akan menjadi salah satu fitur khas yang membentuk pada wajah seseorang. Ada beberapa orang yang memiliki bentuk bulu alis yang sangat bagus, sedangkan kebanyakan memiliki bentuk bulu alis yang kurang menarik sehingga mereka perlu merapikannya.

Seperti yang digarisbawahi dari Howstuffworks para ilmuan dan penelitian telah menuturkan bahwa bulu alis ini memiliki fungsi untuk membantu dan menjaga kelembaban yang keluar dari mata saat seseorang terkena air hujan atau berkeringat. Walaupun bulu alis yang dimiliki seseorang tipis, namun tetap saja bisa melakukan fungsinya dengan sangat baik.

Dari bentuk lengkungan bulu alis akan sangat membentu mengalihkan keringat atau air hujan turun kesamping wajah, sehingga mata akan tetap terjaga dan akan mencegah air tersebut masuk kedalam mata. Kondisi ini akan membantu penglihatan agar tetap terlihat jelas, walaupun sedang banyak keringat atau berjalan di tengah-tengah hujan.

Bagaimana jadinya apabila bulu alis dicukur habis ??

Apabila seseorang telah mencukur habis bulu alis dan tidak memiliki bulu alis serta digantikan dengan pensil alis atau tato, maka hal tersebut akan membuat kondisinya sedikit lebih sulit. Hal ini dikarenakan tidak adanya penahanan air hujan atau keringat yang turun dari wajah, padahal di dalam keringat sendiri terdapat kandungan garam yang akan menimbulkan iritasi pada mata, sehingga akan berdampak sensasi perih pada mata.

Pada umumnya para ilmuan telah mempercayai jika seseorang dilahirkan tanpa bulu alis, maka biasanya mereka akan memiliki bulu mata yang tebal atau tulang tengkorak di atas mata yang menonjol, sehingga akan tetap bisa melindungi mata dari keringat atau air hujan sekalipun.

Untuk itu bagi anda tidak disarankan untuk mencukur atau mencabut habis bulu alis, namun apabila ingin merapikannya cukup hilangkan beberapa helai bulu alis saja.